Taklukkan Manchester City, Arsenal Melaju Ke Final Piala FA

Gol Alexis Sanchez di babak perpanjangan waktu memastikan langkah Arsenal ke final Piala FA untuk menantang Chelsea.

Arsenal sukses melaju ke final Piala FA untuk kali ketiga dalam empat tahun terakhir setelah susah payah menyingkirkan Manchester City 2-1 lewat babak perpanjangan waktu dalam partai semi-final di Wembley, Minggu (23/4) malam WIB.

Sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Sergio Aguero, The Gunners mampu bangkit lewat gol balasan Nacho Monreal sebelum Alexis Sanchez mencetak gol penentu di babak perpanjangan waktu. Di final, Arsenal akan ditantang rival sekota Chelsea yang sehari sebelumnya mampu menekuk Tottenham Hotspur 4-2.

Kemenangan ini sedikit mengurangi tekanan terhadap manajer Arsene Wenger yang kesulitan membawa Arsenal bersaing di Liga Primer Inggris, seiring kontraknya bakal habis di akhir musim ini. Sementara bagi City, kekalahan ini praktis memupus mimpi gelar mereka di musim ini sekaligus menghadirkan noda bagi karier Pep Guardiola.

Laga langsung berjalan menarik setelah kedua tim saling membuat peluang di awal laga. Arsenal, yang di partai ini memakai formasi tiga bek, mengawalinya lewat tandukan Olivier Giroud menyambut crossing Alex Oxlade-Chamberlain, namun masih bisa ditepis Claudio Bravo. City membalasnya lewat tembakan David Silva yang dapat digagalkan Petr Cech.

Gawang City sempat bergetar di menit ke-23 setelah Laurent Koscielny menuntaskan sebuah kemelut di kotak penalti, namun gol tersebut dianulir karena bek Arsenal itu dalam posisi off-side. City kemudian tampil dominan pertengahan babak pertama, namun Sergio Aguero dkk. masih belum terlalu mengancam gawang Arsenal.

Di menit ke-40, wasit giliran menganulir sebuah gol City. Leroy Sane mengirimkan umpan silang dan berhasil disambut oleh tembakan setengah voli Aguero yang bersarang di gawang Cech. Namun wasit menganggap bola sudah keluar lapangan sebelum Sane memberikan crossingsehingga gol dibatalkan. Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Memasuki interval kedua, jual beli serangan kembali terlihat. Nicolas Otamendi memulainya di menit ke-50 lewat tandukannya menyambut sepak pojok yang masih melenceng dari gawang Cech. Tak lama kemudian, Arsenal dua kali mengancam lewat tembakan Granit Xhaka dan blunder Bravo. Gol pembuka yang dinanti akhirnya tercipta di menit ke-62.

Adalah City yang sukses memimpin lebih dulu. Dalam sebuah skema serangan balik, Yaya Toure mengirimkan umpan manis kepada Aguero yang dengan tenang menuntaskannya lewat tembakan chip. Sayang, keunggulan itu mampu disamakan Arsenal tak sampai sepuluh menit kemudian lewat tembakan jarak dekat Nacho Monreal memanfaatkan umpan silang Oxlade-Chamberlain.

City seharusnya bisa mencetak dua gol lewat sepakan voli deras Toure dan tandukan Fernandinho di menit ke-79 dan 83. Sayang, dua peluang emas itu hanya menghantam mistar. Sebelumnya, Arsenal juga hampir mencetak gol, namun Mesut Ozil bertindak lamban saat tinggal berhadapan dengan Bravo sehingga bola mampu direbut. Hingga waktu normal tuntas, skor 1-1 tidak berubah dan laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Kondisi fisik yang lelah membuat permainan terbuka sulit terjadi di babak extra time. Namun, Arsenal sanggup membikin gol di menit ke-101 lewat Alexis Sanchez. Penyerang Cile itu bereaksi lebih cepat ketimbang Gael Clichy saat terjadi kemelut di kotak penalti City menyusul tendangan bebas Ozil dari sisi kiri.

Dalam situasi tertinggal, City mengurung pertahanan Arsenal di babak perpanjangan waktu kedua. Namun di satu sisi, Arsenal tampil solid di belakang dengan sanggup melakukan blok krusial, seperti yang dilakukan Rob Holding dan Hector Bellerin, untuk membuat pemain City frustrasi.

Ditariknya Aguero dari lapangan sedikit mengurangi daya gedor City, namun mereka tetap sanggup membuat peluang berbahaya, seperti melalui Kelechi Iheanacho, Kevin De Bruyne, dan Toure. Pada akhirnya, Tim Meriam London mampu mempertahankan keunggulan 2-1 dan berhak lolos ke final.

Kategori: Piala FA Inggris

Kata kunci: ,

Tinggalkan balasasn

Alamat email tidak akan dipublikasikan.

Catatan