Piala FA: Chelsea Tekuk Totenham 4-2

Chelsea sukses meredam perlawanan sengit Spurs dan memastikan langkah ke partai puncak Piala FA.

Chelsea memastikan satu tiket ke final Piala FA setelah menang 4-2 atas Totenham Hotspur, Minggu (23/4) dini hari WIB. The Blues akan menghadapi pemenang dari laga Arsenal kontrak Manchester City.

Perlawanan Spurs dalam laga ini sebenarnya cukup sengit. Harry Kane dan Dele Alli masing-masing mencetak satu gol untuk mengejar dua gol cetakan Willian. Adapun Eden Hazard masuk dan mengubah alur permainan, mencetak satu assist dan satu gol.

Menghadapi laga besar, Spurs langsung panik di awal pertandingan. Kepanikan itu berujung pada pelanggaran Toby Alderweireld pada Pedro tepat di depan kotak penalti. Siapa sangka, kesalahan ini berujung fatal. Willian yang ditunjuk jadi algojo ternyata bisa mengirim bola tepat ke sudut gawang Hugo Lloris.

Berita Bola Lainnya: Gareth Bale Siap Di Turunkan Kontra Barcelona

Spurs tak patah semangat walau kebobolan gol cepat. Mereka tampil lebih eksplosif dan terus menghujani pertahanan disiplin Chelsea dengan ancaman. Harry Kane akhirnya bisa menyamakan kedudukan di pertengahan babak. Striker Inggris itu menanduk umpan lambung Christian Eriksen ke tiang dekat Thibaut Courtois.

Pertandingan semakin terbuka setelah gol tersebut. Transaksi serangan makin gencar terjadi, namun Spurs lebih dominan. Eriksen, Kane, dan Dele Alli bergantian melakukan overlap untuk menusuk kotak penalti. Untung saja, Courtois dan David Luiz tampil lebih waspada guna mengantisipasi transisi cepat The Lilywhites.

Kendati lebih dominan dalam menyerang, Spurs malah kembali kebobolan. Gol kedua Chelsea juga tercipta lewat kesalahan individual, seiring Son Heung-Min melanggar Victor Moses yang tengah berlari di kotak penalti. Willian sekali lagi ditunjuk jadi algojo dan sukses mengembalikan keunggulan timnya lewat titik putih.

Defisit satu gol tak membuat Spurs terburu-buru di paruh kedua. Mereka memainkan bola dengan tenang sembari menunggu Chelsea lengah. Kesabaran tersebut berbuah manis ketika gol penyama kedudukan kembali diciptakan. Sekali lagi Christian Eriksen yang jadi arsiteknya.

Gelandang Denmark itu mendapat cukup ruang sekitar sepuluh meter dari kotak penalti. Melihat pergerakan Alli, ia langsung melambungkan umpan terobosan cantik. Alli sukses melewati kawalan David Luiz dan Cesar Azpilicueta dengan kecepatan kakinya. Gelandang muda Inggris itu pun sukses menendang bola ke gawang Courtois.

Situasi tersebut tidak membuat Antonio Conte puas. Sang manajer malah menarik keluar Willian yang mencetak sepasang gol untuk memberi kesempatan pada Eden Hazard. Bintang Belgia itu menjawab kepercayaan Conte dengan mencetak gol ketiga Chelsea. Ia menerima bola sapuan Kyle Walker, kemudian mengarahkannya ke gawang Lloris.

Harapan Spurs untuk menyusul akhirnya punah sepuluh menit jelang jeda. The Blues berhasil mengunci kemenangan lewat gol Nemanja Matic. Gelandang bertahan asal Serbia itu menerima sodoran bola dari Hazard, kemudian melepaskan tendangan geledek. Bola membentur mistar dalam Spurs dan Lloris tak kuasa mencegah bola masuk ke gawangnya.

Spurs pantang menyerah di tengah ketertinggalan dua gol. Eriksen dkk terus melambungkan umpan-umpan spekulatif ke kotak penalti. Sayang, pertahanan rapat Chelsea terlampau kuat sehingga skor tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan.

Kategori: Piala FA Inggris

Kata kunci: ,

Tinggalkan balasasn

Alamat email tidak akan dipublikasikan.

Catatan