Lionel Messi Cetak Gol Ke 100 Di Liga Champions

Lionel Messi mencetak golnya yang ke-100 di Liga Champions sekaligus membawa Barcelona lolos ke perempat-final.

Barcelona memastikan diri lolos ke perempat-final usai mengalahkan Chelsea 3-0 di leg kedua babak 16 besar di Camp Nou, Kamis (15/3) dini hari WIB.  Messi sudah memberi keuntungan untuk Azulgrana dengan gol tandang di leg pertama di Stamford Bridge pada bulan lalu, dan sang striker kembali menjadi instrumental dengan dua golnya dan satu assist sehingga tim lolos dengan keunggulan agregat 4-1.

Manajer The Blues Antonio Conte memasang Olivier Giroud sebagai starter, sedangkan Alvaro Morata baru masuk melalui bangku cadangan. Sementara itu, pelatih Barcelona Ernesto Valverde bisa menurunkan Andres Iniesta dan Messi dengan kembali masuk ke dalam starting XI .

Messi absen saat Barcelona menang atas Malaga pada akhir pekan lalu menyusul kelahiran anak ketiganya, namun ia langsung memecahkan kebuntuan ketika pertandingan baru berjalan 128 detik, sebagai yang tercepat dalam kariernya.

Messi, yang mengakhiri rekor tanpa golnya lawan Chelsea dalam sembilan kesempatan di leg pertama, membawa Barcelona unggul pada menit ketiga setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Luis Suarez dan melepaskan tembakan dari sudut yang sempit serta bola melewati kedua kaki kiper Chelsea Thibaut Courtois.

Start yang kurang bagus dari Chelsea, namun mereka kemudian mampu merespons dengan bagus dan nyaris mencetak gol pada menit ke-12 ketika tendangan mendatar Willian mampu diamankan kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen.

Messi kembali menjadi ancaman buat Chelsea. Memasuki menit ke-20, tuan rumah kembali unggul. Bintang asal Argentina itu mampu merebut bola dari Cesc Fabregas dan kemudian melakukan pergerakan dengan mengatasi penjagaan Andreas Christensen dan Cesar Azpilicueta serta memberi umpan kepada Ousmane Dembélé, yang melepaskan tembakan keras ke arah pojok gawang tanpa bisa diblok satu pun pemain Chelsea.

Barcelona terus mendominasi permainan dan mereka nyaris unggul lagi sebelum pertandingan memasuki setengah jam ketika Iniesta melakukan back-heel dan bola mengarah kepada Suarez, namun usaha pemain terakhir mampu dimentahkan Courtois.

Seperti di leg pertama, Willian tampaknya akan melakukan sesuatu untuk Chelsea ketika ia menyisir dari sisi kiri dan memberi umpan kepada Marcos Alonso, namun tendangannya dari dalam kotak penalti mengarah tepat kepada ter Stegen.

Beberapa saat kemudian, Chelsea kembali mendapat peluang sangat bagus ketika N’Golo Kante melewati dua bek saat akan memasuki kotak penalti, namun sepakannya hanya menyamping ke sisi gawang.

Tim tamu terus memburu gol jelang turun minum, namun tendangan bebas Alonso hanya membentur tiang gawang.

Babak Kedua

Chelsea melakukan dua kesalahan yang berujung dua gol dari Barcelona. Di awal babak kedua ini, tepatnya pada menit ke-47, giliran Courtois yang melakukan kesalahan, namun beruntung tembakan Suarez masih bisa diblok dengan baik.

Chelsea kemudian mendominasi permainan. Pada menit ke-49, Gerard Pique sempat menjatuhkan Alonso di kotak penalti ketika akan memburu bola, namun wasit tidak menganggap adanya pelanggaran. Giroud, yang melakukan protes, justru mendapat kartu kuning.

Memasuki menit ke-63, Messi mencetak gol keduanya di pertandingan sekaligus golnya yang ke-100 di Liga Champions. Menerima umpan Suarez, sang bintang bergerak cepat ke sisi kiri kotak penalti dan melepaskan tembakan keras dan bola melewati kedua kaki Courtois sebelum masuk ke dalam gawang.

Beberapa saat kemudian, Messi nyaris mencetak hat-trick andai tendangan bebasnya tidak mengenai Willian sebelum mampu ditepis Courtois.

Di sisa lima menit di waktu normal, Pulinho nyaris mencatatkan namanya di papan skor andai sundulannya usai menerima umpan dari Ivan Rakitic tidak diantisipasi Courtois.

Chelsea nyaris mencuri gol di sisa satu menit di waktu normal, namun usaha Davide Zappacosta mampu dimentahkan ter Stegen, sebelum sundulan Antonio Rudiger hanya mengenai tiang gawang.

Hingga pertandingan berakhir, Barcelona mampu mempertahankan keunggulan 3-0 dan mereka melalui 25 pertandingan Liga Champions di kandang tanpa kekalahan, termasuk 19 kemenangan dari 20 laga terakhir.

Kategori: UEFA Champions League

Kata kunci: ,,

Tinggalkan balasasn

Alamat email tidak akan dipublikasikan.

Catatan