LAPORAN PERTANDINGAN: VALENCIA 1-1 BARCELONA

Dengan hasil imbang ini, Barcelona kini berjarak delapan poin dengan Real Madrid.

Jordi Alba menyelamatkan Barcelona dari kekalahan ketika tim bermain imbang 1-1 di markas Valencia dalam lanjutan La Liga Spanyol pekan ke-13 di Mestalla, Senin (27/11) dini hari WIB.

Valencia terlihat hanya akan tertinggal satu poin dengan sang pemuncak ketika unggul di babak kedua lewat gol Rodrigo Moreno, namun Barcelona, yang secara kontroversial gagal unggul pada menit ke-30 karena wasit tidak memutuskan bola telah masuk ke dalam gawang, akhirnya menyamakan kedudukan lewat aksi Alba pada menit ke-82.

Dengan hasil imbang ini, Azulgrana sebenarnya masih berada di puncak klasemen sementara dengan perolehan 35 poin, unggul empat angka dengan Valencia, namun hanya berjarak delapan angka dengan Atletico Madrid dan Real Madrid

Valencia melakukan empat perubahan komposisi pemain dari pertandingan saat menang 2-0 di Espanyol. Ezequiel Garay masuk mengisi tengah pertahanan, sehingga Jose Gaya dipasang sebagai bek kiri. Carlos Soler dan Goncalo Guedes juga masuk, sedangkan Simone Zaza menggantikan Santi Mina untuk berduet dengan Rodrigo di lini depan.

Sementara itu, Lionel Messi, yang baru saja meneken kontrak baru, kembali masuk ke dalam starting XI. Sedangkan Thomas Vermaelen melakoni starter pertamanya di liga pada musim ini menyusul sanksi yang dijalani Gerard Pique.

Babak Pertama

Ketika pertandingan baru berjalan empat menit, Paulinho memiliki peluang, namun tendangan gelandang Barcelona itu mampu ditepis kiper Valencia Neto sehingga bola melambung di atas mistar gawang.

Neto kembali melakukan penyelamatan pada menit kesepuluh, menggagalkan usaha Ivan Rakitic saat tim tamu menguasai bola di menit-menit awal babak pertama ini.

Kontroversi terjadi pada menit ke-30. Sebuah sepakan Messi dari luar kotak penalti mengenai tangan Neto dan sang kiper kemudian menepis bola yang terlihat sudah masuk ke dalam gawang, namun wasit dan hakim garis tidak menganggap itu sebagai gol.

Dominasi Barcelona berlanjut hingga akhir babak pertama, dengan peluang dari Andres Iniesta dan Luis Suarez, namun belum berbuah hasil.

Babak Kedua

Valencia memiliki peluang pertama di babak kedua ketika Guedes menemui Zaza di posisi berbahaya, tapi tendangan mendatar pemain asal Italia itu hanya melebar, sebelum sundulan Vermaelen hanya melambung di atas mistar gawang tuan rumah beberapa saat kemudian.

Jelang memasuki satu jam pertandingan, Guedes nyaris mencetak gol untuk Valencia ketika mengatasi penjagaan Nelson Semedo, namun sang striker tidak mampu menaklukkan kiper Barcelona Marc-Andre ter Stegen.

Valencia akhirnya unggul pada menit ke-60. Rodrigo memaksimalkan umpan crossing Gaya dengan sontekan ke pojok bawah gawang dari jarak sangat dekat.

Ernesto Valverde memasukkan Gerard Deulofeu dan Denis Suarez untuk menggantikan Rakitic dan Iniesta. Di sisa 15 menit akhir, Valencia justru kerap mengancam untuk mencetak gol kedua.

Barcelona akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-82 ketika Alba menerima passing jarak jauh dari Messi dan meneruskan dengan sontekan dari jarak dekat.

Andreas Pereira dan Zaza nyaris membuat Valencia unggul lagi di menit-menit terakhir, namun pertandingan akhirnya berakhir imbang 1-1.

Susunan Pemain:

Valencia (4-4-2): Neto; Montoya, Gabriel, Garay (Vezo 86′), Gaya; Soler (89′), Parejo, Kondogbia, Guedes; Zaza, Rodrigo (Pereira 82′)

Barcelona (4-1-2-1-2): Ter Stegen; Semedo (Vidal 80′), Umtiti, Vermaelen, Alba; Busquets, Paulinho, Rakitic (Deulofeu 68′), Iniesta (D.Suarez 72′); Messi, Suarez

Kategori: La Liga Spanyol

Kata kunci: ,

Tinggalkan balasasn

Alamat email tidak akan dipublikasikan.

Catatan