LAPORAN PERTANDINGAN: REAL MADRID 3-2 BORUSSIA DORTMUND

Meski mengalahkan Borussia Dortmund, Real Madrid finis sebagai runner-up Grup H.

Real Madrid meraih kemenangan 3-2 atas Borussia Dortmund di matchday terakhir Grup H Liga Champions di Santiago Bernabeu, Kamis (7/12) dini hari WIB.

Sebelum pertandingan ini, Los Blancos sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up, tapi Dortmund membutuhkan kemenangan dan mengharapkan “bantuan” Tottenham Hotspur untuk bisa finis di posisi ketiga.

Di pertandingan lain, APOEL menelan kekalahan 3-0 di Wembley sehingga Dortmund bisa finis di posisi ketiga dan akan bertanding di babak 32 besar Liga Europa

Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane melakukan lima perubahan dari tim yang dipasang sebagai starter kontra Athletic Bilbao pada akhir pekan lalu. Nacho dam Theo Hernandez menggantikan Dani Carvajal dan Marcelo di posisi bek, sedangkan Mateo Kovacic, Lucas Vazquez, dan Borja Mayoral mengisi posisi Luka Modric, Toni Kroos, dan Karim Benzema.

Sementara itu, Andriy Yarmolenko dan Andre Schurrle tampil melalui bangku cadangan karena pelatih Peter Bosz memasukkan Christian Pulisic dan Shinji Kagawa sebagai penopang untuk Pierre-Emerick Aubameyang.

Ketika pertandingan baru memasuki menit ketiga, Real Madrid memiliki peluang pertama, namun kiper Dortmund Roman Burki mengamankan tendangan keras Cristiano Ronaldo.

Real Madrid akhirnya unggul lebih dahulu pada menit kedelapan lewat aksi Mayoral yang mengklip bola dari jarak dekat setelah sentuhan Isco dari crossing Ronaldo.

Tuan rumah menggandakan keunggulan pada menit ke-12 lewat tendangan cantik Ronaldo dan bintang asal Portugal itu menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak di semua enam pertandingan putaran grup Liga Champions.

Theo Hernandez juga mengancam pada menit ke-22 ketika tendangannya hanya menyamping ke sisi gawang Dortmund.

Usaha terbaik Dortmund mulai terlihat pada menit ke-25 ketika Raphael Guerreiro mencari Aubameyang dengan crossing mendatar, sebelum Kagawa melepaskan tendangan dari jarak dekat, namun diblok Rapahel Varane setelah kerja bagus dari Christian Pulisic.

Ronaldo kembali mengancam gawang Burki pada menit ke-33, namun Real Madrid juga mendapat ancaman sekaligus ketika Aubameyang melepaskan sepakan dari posisi bebas, namun hanya melebar.

Dortmund akhirnya bisa memperkecil kedudukan pada menit ke-43 ketika sundulan Aubameyang, memanfaatkan crossing Marcel Schmelzer, menjebol gawang Keylor Navas.

Di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-48, Aubameyang mencetak gol keduanya sekaligus menyamakan kedudukan untuk Dortmund ketika ia mencip bola di atas Navas dalam usaha yang kedua setelah yang pertama dihalau kiper asal Kosta Rika itu. Pemain-pemain Real Madrid menganggap sang striker sudah off-side, namun wasit tetap mensahkan gol tersebut.

Tiga menit berselang, Ronaldo nyaris mencetak gol keduanya setelah mendapat umpan Isco, namun tendangan mendatarnya hanya menyamping.

Pertandingan terlihat seperti basket ketika memasuki menit ke-60, dengan kedua tim melakukan sejumlah serangan dengan skema serangan balik.

Marco Asensio memiliki peluang pada menit ke-70, namun usahanya tepat mengarah ke tangan Burki, sebelum rekannya, Dani Ceballos, menyia-nyiakan peluang karena bola hanya melambung.

Ronaldo memiliki peluang sangat bagus pada menit ke-74 setelah Asensio mengirim crossing brlian di dalam kotak penalti Dortmund, namun sang striker mendapat tekanan dari Neven Subotic. Dua menit berselang, ia memiliki peluang lagi lewat sundulan Ronaldo namun bisa ditangkap kiper lawan.

Memasuki menit ke-79, Ronaldo sempat menjebol gawang Dortmund, namun ia sudah terkebak dalam posisi off-side.

Lucas Vazquez akhirnya memastikan kemenangan Real Madrid pada menit ke-81. Setelah menerima umpan sundulan kepala, ia melepaskan sepakan melengkung dari garis kotak penalti dan bola menjurus ke pojok kanan gawang.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Navas; Nacho, Varane (Asensio 38′), Ramos, Theo; Kovacic (Ceballos 58′), Casemiro, Isco (Llorente 69′); Vazquez, Mayoral, Ronaldo.

Dortmund (4-2-3-1): Burki; Subotic, Bartra (Toprak 80′), Sokratis, Schmelzer; Sahin (Weigl 65′), Dahoud; Pulisic, Kagawa (Yarmolenko 92′), Guerreiro; Aubameyang.

Kategori: UEFA Champions League

Kata kunci: ,

Tinggalkan balasasn

Alamat email tidak akan dipublikasikan.

Catatan