Ini akan menjadi kunjungan perdana Rafa Benitez ke Stamford Bridge setelah meninggalkan Chelsea pada 2013.

Sulit untuk tidak mengaitkan duel Liga Primer Inggris antara Chelsea dan Newcastle United, Sabtu (2/12) malam WIB, dengan sosok Rafa Benitez.

Untuk pertama kalinya, Benitez bakal menyambangi Stamford Bridge sebagai lawan sejak meninggalkan Chelsea pada 2013. Di musim 2015/16, Benitez sebetulnya sudah mulai menukangi Newcastle, namun ia belum sempat melawan The Blues lantaran baru ditunjuk sebagai manajer The Magpies di penghujung musim

Meski tidak memiliki kenangan semanis di Liverpool, Benitez tetap meninggalkan jejak yang pantas dikenang oleh para suporter Chelsea. Berstatus caretaker menggantikan Roberto Di Matteo, Benitez membawa Chelsea meraih 28 kemenangan dari 48 laga di semua ajang. Puncaknya, Chelsea berhasil menaklukkan Benfica 2-1 di final Liga Europa.

Chelsea juga dibawanya finis ketiga di Liga Primer dan menembus semi-final di Piala FA dan Piala Liga. Catatan yang lumayan bagus. Meski demikian, bukan hal mengejutkan apabila Benitez bakal disambut dingin di Stamford Bridge. Seperti diketahui, Benitez memang merupakan figur yang tidak populer bagi fans akibat komentarnya di masa lalu yang kerap menyerang Chelsea.

Benitez sendiri tidak ambil pusing soal sambutan seperti yang akan diterimanya di Bridge. “Saya rasa fans akan baik-baik saja dengan saya. Saya percaya, mayoritas fans paham bahwa saya melakukan pekerjaan ini secara profesional,” kata Benitez dalam jumpa pers.

“Kami finis ketiga, sesuai keinginan [Roman] Abramovich dan juga memenangi Liga Europa. Saya rasa, para fans bahagia dengan raihan tersebut. Saya menjalani periode positif di sana. Kini, saya akan ke sana sebagai lawan dan semoga kami bisa meraih poin,” imbuhnya.

Target Benitez untuk mencuri angka di London sepertinya bakal terasa amat berat. Newcastle sudah sebulan lebih tanpa kemenangan dan baru saja mengakhiri tren negatif berupa empat kekalahan beruntun dengan bermain imbang 2-2 dengan West Bromwich Albion.

Di satu sisi, Chelsea sedang berada dalam motivasi bagus untuk terus menjaga jarak dengan Manchester City di puncak klasemen. Namun, kemenangan susah payah 1-0 atas tim papan bawah Swansea City tengah pekan lalu menjadi bukti bahwa performa Chelsea masih belum stabil.

Beruntung, manajer Antonio Conte masih bisa mendampingi timnya di laga ini setelah terhindar dari skors akibat aksi protes berlebihannya kepada wasit saat melawan Swansea. Ketika itu, ia sempat diusir ke tribun.

Chelsea masih tidak bisa diperkuat David Luiz dan Charly Musonda yang mengalami cedera lutut. Michy Batshuayi dan Kenedy sudah kembali berlatih, namun keduanya bakal diistirahatkan. Sementara itu, Newcastle tidak mendapatkan masalah cedera baru, tapi masih belum bisa menurunkan Christian Atsu, Paul Dummett, dan Jamaal Lascelles.

Kategori: Premier League Inggris

Kata kunci: ,,

Tinggalkan balasasn

Alamat email tidak akan dipublikasikan.

Catatan