Eks manajer West Ham, Slaven Bilic muncul sebagai kandidat pelatih timnas Uzbekistan.

Federasi Sepakbola Uzbekistan (UFF) merilis sejumlah nama kandidat pelatih asing yang berencana untuk didekati untuk menangani tim nasional mereka dalam waktu dekat ini.

Uzbekistan saat ini ditangani oleh pelatih lokal, Ruziqul Berdyev, menggantikan kompatriotnya, Samvel Babayan yang melepas jabatannya setelah gagal mewujudkan mimpi negara Asia Tengah tersebut untuk lolos ke Piala Dunia 2018.

Pasukan berperingkat FIFA ke-76 tersebut sebenarnya tinggal satu tahap mencapai babak utama turnamen di Rusia tahun depan, namun langkah mereka terhenti di fase ketiga kualifikasi zona Asia setelah kalah bersaing dengan Iran, Korea Selatan dan Suriah di Grup A.

Melalui rilis resmi, UFF mengumumkan bakal adanya upaya untuk mendatangkan salah satu di antara pelatih ternama asal Eropa, di antaranya adalah mantan manajer West Ham United, Slaven Bilic dan eks Watford, Walter Mazzarri.

Selain kedua nama top tersebut, UFF juga mendata beberapa nama pelatih asing yang memiliki reputasi bagus di kawasan Asia, yakni Branko Ivankovic dan Bert van Marwijk yang masing-masing pernah sukses membawa Iran dan Arab Saudi lolos ke Piala Dunia.

Meski merupakan salah satu tim papan atas Asia, Uzbekistan belum pernah sekali pun tampil di Piala Dunia sejak berdiri sebagai negara independen pada 1994 lalu. Mereka nyaris menjadi wakil kelima Asia pada Piala Dunia 2014 lalu apabila tak dihentikan Yordania melalui kekalahan adu penalti 9-8 di babak kelima atau play-off kualifikasi.

Kategori: kualifikasi Piala Dunia 2018

Kata kunci:

Tinggalkan balasasn

Alamat email tidak akan dipublikasikan.

Catatan